"Kenapa deskripsi produk harus ada dan lengkap? Bukannya gambar/foto saja sudah cukup?"
Jawabannya adalah foto saja tidak cukup. Fungsi utama foto adalah memperlihatkan penampilan produk dan ide mendasar mengenai apa yang kamu jual. Tapi ada beberapa informasi yang tidak bisa disampaikan oleh foto. Dan informasi tersebut cukup penting untuk menentukan apakah calon pembeli mau membeli produkmu. Nah, informasi-informasi penting inilah yang perlu kamu cantumkan di deskripsi produkmu.
Sebenarnya bisa saja meminta calon pembeli untunk bertanya dengan langsung menghubungi kontak yang sudah di sediakan, tetapi beberapa pemilik toko meyakini bahwa deskripsi produk yang lengkap adalah cara yang lebih efektif dan efisien dibanding menjawab pertanyaan pembeli satu per satu (dan mungkin pertanyaan yang sama).
Kamu tidak mau kan, buang-buang waktu menjawab pertanyaan tapi ternyata calon pembeli tersebut tidak mau membeli.
Berikut cara mengisi deskripsi produk yang bisa menarik calon pembeli melanjutkan ke pembayaran.
Jelaskan apa yang kamu jual
Buat informasi dengan jelas barang apa yang kamu jual. Ini harusnya bisa
dibuat dengan mudah dengan memasukkannya di deskripsi produkmu. Dengan
mengisi nama produk dengan jelas selain bisa tahu apa barang yang
dijual, calon pembeli yang mencari jenis barang dan bisa menemukan
produk kamu dengan mudah.
Beri dimensi/ukuran produknya
Foto produk yang bagus memang bisa memberi gambaran yang jelas pada
tampilan produkmu. Tapi, foto produk kadang tidak bisa menggambarkan
ukuran produk dengan baik. Jadi, ukuran atau dimensi produk yang jelas
adalah sesuatu yang wajib diisikan. Informasikan dengan jelas dan
lengkap beserta satuan ukurnya. Untuk memastikan orang tidak salah ukur,
kamu bisa memberikan perumpamaan atau barang umum dengan ukuran yang
sama. Contohnya: "muat untuk laptop 15inci", atau "sepanjang satu jengkal orang dewasa", dan sebagainya.
Jangan sampai ketika pelangganmu yang mencari tas ransel untuk laptop
malah membeli tas ransel kecil yang kamu jual hanya karena kamu tidak
mencantumkan dimensi produk.
___________________________________________
Contoh: Dimensi tas: 27 x 35 x 10 cm (setinggi satu siku orang dewasa) ___________________________________________
Informasi bahan baku serta fitur/kelebihan unik produknya
Sama seperti dimensi atau ukuran produk, bahan baku produk adalah
sesuatu yang sulit dijelaskan hanya dengan bantuan foto produk saja.
Apalagi jika bahan baku produkmu memang sejak awal sulit dibedakan.
Misalnya, kulit asli dengan kulit sintetis, kanvas dengan kain
polyester, dan sebagainya.
Dengan mencantumkan bahan baku produk secara jelas dan lengkap, calon
pembeli bisa dijamin tidak akan salah memilih. Selain itu, mencantumkan
bahan baku produkmu dengan lengkap akan membantu calon pembeli
merasionalkan harga produk yang kamu pasang (misalnya kamu menjual tas
kulit dari kulit asli).
Dan selain itu, kamu juga bisa memberikan informasi berupa link yang
dapat di klik mengenai bahan baku produkmu seperti cara merawatnya,
karakteristiknya, dan sebagainya dari halaman atau blog do website toko
online kamu.
Selain itu, jika produk adalah jenis produk yang punya fitur atau
kelengkapan, silahkan juga ditulis fitur atau kelengkapan tersebut.
____________________________________________
Contoh: Fitur dan bahan Bahan utama: kulit Bahan lining/bagian dalam: nilon Resleting dan jahitan yang kuat Kompartmen untuk laptop maksimal 15 inci 1 kantong luar untuk barang kecil Kantong dalam untuk alat tulis dan gadget
_____________________________________________
Ajarkan cara menggunakan dan merawat produknya
Yang ini sangat penting jika produkmu memang produk khusus atau jarang
ditemui, baik secara bahan, desain, atau kegunaan. Tujuan dasaranya
adalah agar calon pembeli tahu cara menggunakan produkmu dengan benar
dan yang lebih penting lagi, agar pembeli tidak merusak produkmu karena
salah menggunakannya.
Selain cara menggunakan, kamu juga perlu mencantumkan cara
merawat dan membersihkan produk, apalagi jika produkmu terbuat dari
bahan-bahan tidak biasa seperti kayu atau kulit yang perlu perlakuan
sedikit berbeda. Ini akan membantu pembeli untuk membuat produkmu lebih
awet dan terawat. Dan karena produkmu awet serta kamu sebagai penjual
peduli terhadap pembeli, kamu tentu membuat pembeli puas dan senang
terhadap produk dan tokomu.
___________________________________________________
Contoh: Panduan penggunaan dan perawatan: Jangan diisi dengan beban lebih dari 30kg Hindari basah atau terendam Bersihkan dengan kain lap yang lembut Jangan dimasukkan ke mesin cuci
___________________________________________________
Jika punya variasi dan kustomisasi, cantumkan secara jelas dan konsisten
Kamu bisa mencantumkan variasi produk seperti warna, motif atau corak,
ukuran, dan sebagainya. Tapi, jika kamu memang ingin mencantumkan
variasi, pastikan kamu mencantumkan jenis variasinya dengan jelas.
Selain itu, jika pilihan di satu jenis variasi itu terbatas, cantumkan
juga pilihan-pilihan yang tersedia. Ini membantumu memastikan pembeli
tidak memesan variasi yang tidak bisa kamu penuhi, sehingga kamu tidak
perlu secara terpaksa menolak pesanan dari pembeli (yang tentunya akan
merusak reputasi tokomu).
___________________________________________________
Contoh: Variasi: Warna (Merah, Kuning, Hijau)
___________________________________________________
Tambahkan kalimat singkat yang membuat pembeli semakin tertarik untuk membeli
Meksipun terkesan remeh dan tidak penting, kalimat yang menjual di
bagian awal deskripsi produk adalah strategi yang bagus untuk memikat
hati calon pembeli. Ada banyak hal yang bisa kamu masukkan, seperti
proses pembuatan, keawetan, manfaat, fungsi, dan sebagainya.
Sebagai saran, fungsi adalah satu poin penting yang harus kamu masukkan
agar pembeli tahu bahwa produk yang dia lihat adalah produk yang memang
dia butuhkan. Jika kamu bingung apa yang harus kamu tuliskan, tanyakan
kepada diri sendiri "Kenapa pembeli harus membeli produk ini dibanding produk lain?" Lalu, coba kemas kata-katanya sebaik mungkin.
_________________________________________
Contoh: Kalau kamu suka membawa tas ransel untuk menemani kesibukanmu, kamu juga harus menggunakan tas yang keren. Dengan bahan yang kuat dan tahan lama tapi punya penampilan artistik, tas ransel kanvas ini cocok untuk kamu yang sibuk dan aktif tiap harinya.
_________________________________________
Setelah kamu membuat deskripsi produk sebaik mungkin, coba cek kembali deskripsi produkmu dari atas ke bawah dan pastikan kamu sudah membuat deskripsi produk yang lengkap, jelas, dan mudah dimengerti.
_____________________________________
Contoh Hasil Akhir: Kalau kamu suka membawa tas ransel untuk menemani kesibukanmu, kamu juga harus menggunakan tas yang keren. Dengan bahan yang kuat dan tahan lama tapi punya penampilan artistik, tas ransel kanvas ini cocok untuk kamu yang sibuk dan aktif tiap harinya. Dimensi tas: 27 x 35 x 10 cm (setinggi satu siku orang dewasa) Fitur dan bahan: Bahan utama: kanvas Bahan lining/bagian dalam: nilon Resleting dan jahitan yang kuat 1 kantong luar untuk barang kecil Kantong dalam untuk alat tulis dan gadget Panduan penggunaan dan perawatan: Jangan diisi dengan beban lebih dari 30kg Hindari basah atau terendam Bersihkan dengan kain lap yang lembut Jangan dimasukkan ke mesin cuci Variasi: Warna : Merah, Kuning, Hijau Army _____________________________________
Sumbe r: jarvis-store. com
0 komentar:
Posting Komentar