Perhatikan Cara Menulis Deskripsi Produk yang Baik

Selain foto produk, hal yang perlu diperhatikan adalah deskripsi produk atau copywriting pada tiap produk. Setiap deskripsi yang akan di isi harus menjelaskan secara selengkap dan sejelas mungkin tetntang produk kamu. Alasannya sama: agar pembeli lebih yakin membeli produk, yang akan secara langsung membuat toko onlinemu akan lebih laku.

"Kenapa deskripsi produk harus ada dan lengkap? Bukannya gambar/foto saja sudah cukup?"

Jawabannya adalah foto saja tidak cukup. Fungsi utama foto adalah memperlihatkan penampilan produk dan ide mendasar mengenai apa yang kamu jual. Tapi ada beberapa informasi yang tidak bisa disampaikan oleh foto. Dan informasi tersebut cukup penting untuk menentukan apakah calon pembeli mau membeli produkmu. Nah, informasi-informasi penting inilah yang perlu kamu cantumkan di deskripsi produkmu.
Sebenarnya bisa saja meminta calon pembeli untunk bertanya dengan langsung menghubungi kontak yang sudah di sediakan, tetapi beberapa pemilik toko meyakini bahwa deskripsi produk yang lengkap adalah cara yang lebih efektif dan efisien dibanding menjawab pertanyaan pembeli satu per satu (dan mungkin pertanyaan yang sama).
Kamu tidak mau kan, buang-buang waktu menjawab pertanyaan tapi ternyata calon pembeli tersebut tidak mau membeli.

omg pekalongan 0858 6961 9478

Berikut cara mengisi deskripsi produk yang bisa menarik calon pembeli melanjutkan ke pembayaran.

Jelaskan apa yang kamu jual
Buat informasi dengan jelas barang apa yang kamu jual. Ini harusnya bisa dibuat dengan mudah dengan memasukkannya di deskripsi produkmu. Dengan mengisi nama produk dengan jelas selain bisa tahu apa barang yang dijual, calon pembeli yang mencari jenis barang dan bisa menemukan produk kamu dengan mudah.

Beri dimensi/ukuran produknya
Foto produk yang bagus memang bisa memberi gambaran yang jelas pada tampilan produkmu. Tapi, foto produk kadang tidak bisa menggambarkan ukuran produk dengan baik. Jadi, ukuran atau dimensi produk yang jelas adalah sesuatu yang wajib diisikan. Informasikan dengan jelas dan lengkap beserta satuan ukurnya. Untuk memastikan orang tidak salah ukur, kamu bisa memberikan perumpamaan atau barang umum dengan ukuran yang sama. Contohnya: "muat untuk laptop 15inci", atau "sepanjang satu jengkal orang dewasa", dan sebagainya.
Jangan sampai ketika pelangganmu yang mencari tas ransel untuk laptop malah membeli tas ransel kecil yang kamu jual hanya karena kamu tidak mencantumkan dimensi produk.
___________________________________________ 
Contoh:
Dimensi tas: 27 x 35 x 10 cm (setinggi satu siku orang dewasa)
___________________________________________
 
Informasi bahan baku serta fitur/kelebihan unik produknya
Sama seperti dimensi atau ukuran produk, bahan baku produk adalah sesuatu yang sulit dijelaskan hanya dengan bantuan foto produk saja. Apalagi jika bahan baku produkmu memang sejak awal sulit dibedakan. Misalnya, kulit asli dengan kulit sintetis, kanvas dengan kain polyester, dan sebagainya.
Dengan mencantumkan bahan baku produk secara jelas dan lengkap, calon pembeli bisa dijamin tidak akan salah memilih. Selain itu, mencantumkan bahan baku produkmu dengan lengkap akan membantu calon pembeli merasionalkan harga produk yang kamu pasang (misalnya kamu menjual tas kulit dari kulit asli).
Dan selain itu, kamu juga bisa memberikan informasi berupa link yang dapat di klik mengenai bahan baku produkmu seperti cara merawatnya, karakteristiknya, dan sebagainya dari halaman atau blog do website toko online kamu.
Selain itu, jika produk adalah jenis produk yang punya fitur atau kelengkapan, silahkan juga ditulis fitur atau kelengkapan tersebut.
 
____________________________________________ 
Contoh:
Fitur dan bahan
    Bahan utama: kulit
    Bahan lining/bagian dalam: nilon
    Resleting dan jahitan yang kuat
    Kompartmen untuk laptop maksimal 15 inci
    1 kantong luar untuk barang kecil
    Kantong dalam untuk alat tulis dan gadget
_____________________________________________ 
Ajarkan cara menggunakan dan merawat produknya
Yang ini sangat penting jika produkmu memang produk khusus atau jarang ditemui, baik secara bahan, desain, atau kegunaan. Tujuan dasaranya adalah agar calon pembeli tahu cara menggunakan produkmu dengan benar dan yang lebih penting lagi, agar pembeli tidak merusak produkmu karena salah menggunakannya.
Selain cara menggunakan, kamu juga perlu mencantumkan cara merawat dan membersihkan produk, apalagi jika produkmu terbuat dari bahan-bahan tidak biasa seperti kayu atau kulit yang perlu perlakuan sedikit berbeda. Ini akan membantu pembeli untuk membuat produkmu lebih awet dan terawat. Dan karena produkmu awet serta kamu sebagai penjual peduli terhadap pembeli, kamu tentu membuat pembeli puas dan senang terhadap produk dan tokomu.
 
___________________________________________________ 
Contoh:

Panduan penggunaan dan perawatan:
    Jangan diisi dengan beban lebih dari 30kg
    Hindari basah atau terendam
    Bersihkan dengan kain lap yang lembut
    Jangan dimasukkan ke mesin cuci
___________________________________________________
 
 
Jika punya variasi dan kustomisasi, cantumkan secara jelas dan konsisten
Kamu bisa mencantumkan variasi produk seperti warna, motif atau corak, ukuran, dan sebagainya. Tapi, jika kamu memang ingin mencantumkan variasi, pastikan kamu mencantumkan jenis variasinya dengan jelas. Selain itu, jika pilihan di satu jenis variasi itu terbatas, cantumkan juga pilihan-pilihan yang tersedia. Ini membantumu memastikan pembeli tidak memesan variasi yang tidak bisa kamu penuhi, sehingga kamu tidak perlu secara terpaksa menolak pesanan dari pembeli (yang tentunya akan merusak reputasi tokomu).
 
___________________________________________________ 
Contoh:

Variasi: Warna (Merah, Kuning, Hijau)
___________________________________________________
 
 
Tambahkan kalimat singkat yang membuat pembeli semakin tertarik untuk membeli
Meksipun terkesan remeh dan tidak penting, kalimat yang menjual di bagian awal deskripsi produk adalah strategi yang bagus untuk memikat hati calon pembeli. Ada banyak hal yang bisa kamu masukkan, seperti proses pembuatan, keawetan, manfaat, fungsi, dan sebagainya.
Sebagai saran, fungsi adalah satu poin penting yang harus kamu masukkan agar pembeli tahu bahwa produk yang dia lihat adalah produk yang memang dia butuhkan. Jika kamu bingung apa yang harus kamu tuliskan, tanyakan kepada diri sendiri "Kenapa pembeli harus membeli produk ini dibanding produk lain?" Lalu, coba kemas kata-katanya sebaik mungkin.
 
_________________________________________ 
Contoh:

Kalau kamu suka membawa tas ransel untuk menemani kesibukanmu, kamu juga harus menggunakan tas yang keren. Dengan bahan yang kuat dan tahan lama 
tapi punya penampilan artistik, tas ransel kanvas ini cocok untuk kamu yang sibuk dan aktif tiap harinya. 
_________________________________________ 

Setelah kamu membuat deskripsi produk sebaik mungkin, coba cek kembali deskripsi produkmu dari atas ke bawah dan pastikan kamu sudah membuat deskripsi produk yang lengkap, jelas, dan mudah dimengerti.
 
_____________________________________ 

Contoh Hasil Akhir:

Kalau kamu suka membawa tas ransel untuk menemani kesibukanmu, kamu juga harus menggunakan tas yang keren. Dengan bahan yang kuat dan tahan lama 
tapi punya penampilan artistik, tas ransel kanvas ini cocok untuk kamu yang sibuk dan aktif tiap harinya.
    

Dimensi tas: 27 x 35 x 10 cm (setinggi satu siku orang dewasa)
    
Fitur dan bahan:
    Bahan utama: kanvas
    Bahan lining/bagian dalam: nilon
    Resleting dan jahitan yang kuat
    1 kantong luar untuk barang kecil
    Kantong dalam untuk alat tulis dan gadget
    
Panduan penggunaan dan perawatan:
    Jangan diisi dengan beban lebih dari 30kg
    Hindari basah atau terendam
    Bersihkan dengan kain lap yang lembut
    Jangan dimasukkan ke mesin cuci

Variasi: 
    Warna : Merah, Kuning, Hijau Army
_____________________________________
 
 
Sumbe r: jarvis-store. com



0 komentar:

Posting Komentar

Perhatikan Cara Menulis Deskripsi Produk yang Baik